Seluruh Mahasiswa FIS UM wajib memperbarui nomor HP pada profil SIAKAD dengan nomor terbaru dan memeriksa kebenaran data pada http://forlap.dikti.go.id/

IDENTIFIKASI PRNUTUP DAN PENGGUNAAN LAHAN MELALUI DATA SPATIAL PENGINDERAAN JAUH

| September 25, 2014 | 0 Comments

IDENTIFIKASI PRNUTUP DAN PENGGUNAAN LAHAN MELALUI DATA SPATIAL PENGINDERAAN JAUH

Purwanto

Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial UM. Jl. Semarang 5 Malang

Abstrak: Perkembangan data penginderaan jauh dalam dasawarsa terakhir ini terus menunjukkan peningkatannya sejak tahun 1999 yaitu semenjak di komersialkannya satelit-satelit beresolusi tinggi. Seiring kemajuan teknologi penginderaan jauh dan aplikasinya menuntut pengujian keakuratan terapan. Penutup dan penggunaan lahan merupakan salah satu terapan yang sering menggunakan data penginderaan jauh. Namun dalam terapannya jarang sekali memperhatikan tingkat kemampuan citra dalam kaitannya menyajikan informasi spatial objek.

Tujuan dalam artikel ini yaitu mengkaji kemampuan data spatial penginderaan jauh dalam menyajikan informasi penutup dan penggunaan lahan. Data spasial penginderaan jauh yang digunakan dalam kajian meliputi citra beresolusi rendah, sedang, dan tinggi. Metode yang digunakan komparasi.

Hasil kajian menunjukkan bahwa perbedaan resolusi spatial citra satelit akan mempengaruhi kedetilan informasi objek, sehingga akan berpengaruh terhadap klasifikasi penutup atau penggunaan lahan. Pada citra beresolusi rendah dapat digunakan untuk identifikasi sebatas penutup lahan, sedangkan pada citra satelit resolusi medium dapat digunakan untuk identifikasi penutup lahan dan penggunaan lahan pada level I dan II. Sedangkan pada citra beresolusi tinggi dapat digunakan sebagai dasar klasifikasi sampai pada level III.

Kata kunci: penutup lahan, penggunaan lahan, data spatial, penginderaan jauh.

Artikel ini dimuat pada Jurnal Pendidikan Geografi, Tahun 18 Nomor 1, Januari 2013,  ISSN 0852-5426

Category: Karya Ilmiah Dosen

About the Author ()

Leave a Reply