Seluruh Mahasiswa FIS UM wajib memperbarui nomor HP pada profil SIAKAD dengan nomor terbaru dan memeriksa kebenaran data pada http://forlap.dikti.go.id/

KARAKTERISTIK PENDEKATAN SPASIAL DALAM PROSES PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI SEKOLAH

| November 5, 2012 | 3 Comments

KARAKTERISTIK PENDEKATAN SPASIAL DALAM PROSES PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI SEKOLAH

Purwanto

Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial UM. Jl. Semarang 5 Malang

Abstrak: Dinamika perkembangan pembelajaran saat ini sangatlah pesat seiring dengan peningkatan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK). Demikian halnya dengan mata pelajaran Geografi baik di tingkat SMP/MTs maupun SMA/MA, sampai saat ini jug a terus berinovasi untuk mencari model pembelajaran yang tepat dan menarik. Pelajaran Geografi selama ini dianggap pelajaran yang kurang menarik dan membosankan bagi siswa. Hal ini disebabkan matapelajaran ini hanya disampaikan dengan metode ceramah. Berbagai upaya terus diusahakan supaya pembelajaran Geografi di sekolah menjadi menarik dan menyenangkan. Salah satunya yaitu dengan mengaplikasikan pendekatan spasial sebagai model pembelajaran geografi di sekolah. Pendekatan spasial yang merupakan ciri khas geografi dalam menyelesaikan permasalahan spasial di lapangan dapat digunakan sebagai salah satu cara untuk memecahkan permasalahan pembelajaran Geografi di sekolah. Namun pendekatan spasial yang seperti apa? Objek kajian geografi secara keseluruhan tersebar di permukaan bumi, begitu luasnya objek yang dikajian tersebut, maka perlu disederhanakan dalam bentuk peta. Peta sebagai sumber informasi geospasial dapat menjawab berbagai permasalahan di permukaan bumi dengan menggunakan prinsip 5W dan 1H. Meskipun peta tidak asing bagi guru pada umumnya, namun keterampilan dalam penggunaan peta sebagai bahan ataupun media dalam pembelajaran saat ini masih sangat minimum sekali. Bahkan beberapa guru belum mampu memaknai arti dalam peta.

Category: Karya Ilmiah Dosen

About the Author ()

Comments (3)

Trackback URL | Comments RSS Feed

  1. ferryska berkata:

    good job pak pur. sebenere aq perlu karakteristik pembelajaran geo. untuk tesisku yang diganti jududlx sm dosenku… ada gak pak? salam dr banjarmasin..

    • Adr berkata:

      Karakteristik geografi tidak terlepas dari 3 aspek penting.
      keruangan, lingkungan ataupun kewilayahan.
      tinggal anda mo menekankan pembelajaran dari sisi mana.
      klo Pak Pur sendri lbih mnekankan pda aspek spasial.
      n sya rasa anda bisa menggunakan itu sebagai rujukan.
      from alumni geo UM

Leave a Reply