Seluruh Mahasiswa FIS UM wajib memperbarui nomor HP pada profil SIAKAD dengan nomor terbaru dan memeriksa kebenaran data pada http://forlap.dikti.go.id/

STUDI IMPLEMENTASI PENDEKATAN SPASIAL DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI MELALUI LESSON STUDY

| September 25, 2014 | 0 Comments

STUDI IMPLEMENTASI PENDEKATAN SPASIAL DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI MELALUI LESSON STUDY

Purwanto

Jurusan Geografi, FIS Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang 5 Malang

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran dosen geografi yang telah menggunakan pendekatan spasial di dalam proses pembelajaran dengan lesson study. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey. Subjek penelitian ini dosen model yang telah melakukan open class sebanyak 8 (delapan) orang. Dari delapan dosen tersebut pelaksanaannya dibagi dalam dua semester dengan pembagian empat dosen setiap semester. Dari delapan dosen model tersebut dipilih dosen yang mengajar matakuliah geografi yang diperoleh 6 dosen model. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan teknik observasi dan dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini analisis diskriptif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari proses pelaksanaan lesson study selama dua semester dosen geografi secara nyata belum banyak yang menggunakan pendekatan spasial sebagai dasar dalam proses pembelajaran. Hal tersebut dapat dilihat dari jenis media yang digunakan. Media yang digunakan umumnya masih power point yang belum memunculkan adanya peta ataupun citra yang menggambarkan komponen pendekatan spasial. Pola berfikir spasial sudah mulai muncul namun belum terstruktur dengan baik.

Kata kunci: pendekatan spasial, lesson study.

Makalah disajikan pada Seminar Lesson Study, FIS UM, 27 November 2013, ISBN: 978-602-9461-62-6

Category: Karya Ilmiah Dosen

About the Author ()

Leave a Reply